Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Slawi Digelar



Diupload pada : 01-Feb-2023
Penulis : SAdminkominfo

Pemerintah Kecamatan Slawi, pada Selasa (24/1) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 di Pendopo Kantor Kecamatan Slawi. Kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Tegal, Dra. Hj. Umi Azizah, Perwakilan DPRD dapil Slawi, Kepala OPD, unsur Forkompimcam, lurah dan Kades se-Kecamatan Slawi, dengan total peserta keselurahan 78 orang dari semua unsur.

Musrenbang tingkat kecamatan adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota.

Dalam sambutannya Bupati Hj Umi Azizah, menegaskan bahwa hasil dari pembahasan dan kesepakatan musrenbang kecamatan ini akan digunakan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD yang bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, serta memastikan usulan program prioritas kecamatan terkait dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD. Dimana telah ditentukan dan disepakati pilihan program-program kegiatan prioritas yang mendesak untuk dijadikan bahan dalam penyusunan Rancangan Akhir RKPD.

“Untuk pemerintah kelurahan dan desa, saya mengimbau agar catatan yang sudah disampaikan bahwa usulan bapak ibu harus mendukung pengentasan kemiskinan ekstrim agar benar-benar diperhatikan, dan anggaran Pagu Indikatif Kecamatan (PIK) Slawi yang hanya  sebesar  Rp. 1.505.000.000, -  untuk dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin,” kata Hj Umi Aziah.

 

Sementara itu, Camat Slawi M. Natsir, S. Sos mengungkapkan bahwa tujuan penyelenggaraan musrenbang tingkat kecamatan ini antara lain membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan dan usulan tahun 2019 sampai dengan 2022 yang belum terealisasi untuk dapat diusulkan kembali.

Natsir menambahkan, dalam musrenbang ini dibagi menjadi 2 bidang, antara lain bidang fisik dan non fisik. Penanganan stunting dan pengentasan kemiskinan ekstrim harus menjadi pertimbangan skala prioritas usulan tersebut, imbuhnya.

Penulis Tim Kecamatan Slawi, Senin, 31 Januari 2023